Kamis, 17 Februari 2011

MENGELOLA KEKAYAAN MINYAK DI TIMOR-LESTE

Latar Belakang.
Visi Pemerintah timor-leste adalah memberantas tingkat kemiskinan melalui pengelolaan Minyak Timor-lsete dengan meningkatkan pendapatan selama kurung waktu beberapa dekade berikutnya. namun demikian pemerintah masih mengalami tantangan untuk mencapai visi tersebut yakni, keterbatasan sumber daya manusia.
Dapat membandingkan bahwa sejarah telah mengambarkan sebuah paradoks- yaitu negara-negara kaya dengan pendapatan melalui sumber daya minyak dan gas, cenderung menurun performancenya dari waktu kewaktu tanpa tujuan yang jelas. kegagalan sumber daya ini adalah merupakan sebuah fenomena yang kompleks melalui kelimpahan pendapatan akan sumber daya yang dapat diterjemahkan kedalam stagnasi, korupsi limbah dan konflik yang berkepanjangan.
Hal ini terjadi akibat perkembangan potensial yang masih kurang, satu hal yang pasti adalah meskipun untuk mengatasi tantangan-tantangan ini sesuatu kondisi yang diperlukan adalah untuk menerapkan kebijakan makroekonomi yang berhati-hati dan memperkuat kerangka kelembagaan, khususnya pengelolaan keuangan publik. singkatnya adalah penting untuk tidak menghabiskan terlalu banyak dan tergesa-gesa.

2. Sebua model pengelolaan Dana Minyak
pendapatan dari sektor minyak bumi adalah baik, besar bila dibandingkan dengan perekonomian domestik dan sangat fluktuatif, karena memiliki kerangka yang solid yang dirancang khusus untuk menangani karakteristik tersebut.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar